Kamis, 29 Agustus 2013

hotel niagara


Hotel Niagara Lawang adalah sebuah hotel, mungkin bisa disebut motel karena kecil dan hanya memiliki 14 kamar yang berfungsi. Hotel ini dibangun pada tahun 1890 oleh seorang arsitek berdarah Brasil bernama Mr. Fritz Joseph Pinedo, awalnya untuk villa pribadi Liem Sian Joe dan keluarga. Pada masa penjajahan Belanda, Malang merupakan tempat peristirahatan yang sangat cocok karena udaranya yang sejuk dan suasana hening sehingga tidak heran banyak villa cantik di sana, salah satunya adalah yang sekarang bernama Niagara ini. Villa ini dibangun selama kurang lebih 15 tahun lamanya, dan diselesaikan pada tahun 1918. Villa ini difungsikan sampai pada sekitar tahun 1920, kemudian Liem Sian Joe sekeluarga hijrah ke Belanda.
WS Rendra pun pernah menginap di Niagara dan kesan penyair terkenal itu sangat positif. “Anda perlu menikmati keindahan Hotel Niagara, lalu buat sebuah tulisan,” begitu pesan istri seorang bekas diplomat asing di Surabaya suatu ketika.
Di Hotel Niagara kita bisa menikmati sepuas-puasnya arsitektur tempo doeloe yang sangat menekankan pendekatan seni. Sebuah kombinasi gaya Brasil, Belanda, Tiongkok, dan Victoria yang menawan.
*berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar