Kamis, 26 September 2013

Tolong Jelaskan kepada saya dimana letak Indonesia ?

Saya menanyakan kepada seorang profesor kenegaraan dimanakah Indonesia, kemudian ia menjelaskan tentang Georagis,lintang utara selatan dan seterusnya tanpa sedikitpun saya mengerti diksi bahasanya,kemudian saya bertanya lagi dengan seoarng Pejabat Negara tentang Letak Indonesia, ia menjelaskan tentang kekayaan alam yg bisa dijual,sumber-sumber daya manusia yg bisa ia dagangkan dan sekelumit tentang ringkasan obyek jangka panjang tentang kekayaan yg akan ia peroleh,, kemudian saya bertanya lagi dengan Mahasiswa perguruan ternama dengan pertanyaan yg sama, ia dengan lancar dan hafal menjelaskan bagaimana teori-teori kebangsaan sama persis dengan yg ada di buku kampus,lalu dengan wajah datar saya bertanya lagi, ' apakah engkau pernah bertemu dengan indonesia saudaraku? ia terdiam dan menjawab.. ' saya masih menguasai teorinya kawan..' saya berlalu dan meninggalkannya.
saya berjalan lagi dengan rasa penasaran yg tinggi tentang keberadaan Indonesia.. lalu saya bertemu dengan penjual bakso dan saya menanyakan dimana indonesia, ia dengan lugu mengatakan ' saya taunya Malang mas,, kalau indonesia saya belum pernah bertemu, namun sewaktu kecil saya pernah mendengar tentang kebesaran indonesia, itu saja ' kemudian ia berlalu tanpa menoleh lagi kearah saya. kemudian tukang becak dan iapun menjawab.. kalau dari stasiun ke jalan pemuda 10 ribu cak,, kalau ke indonesia saya belum pernah narik... begitupun ketika saya bertemu penulis dan sastrawan ternama ia hanya menitipkan sebuah tulisan dan syair puisi dengan judul ' mencari indonesia. "
kemudian saya mengamati istana negara dengan segala kemewahan dan kemegahannya, saya sambangi presiden itu sebagai simbol formalitas demokrasi, saya pertanyakan kembali tentang letak indonesia.. Bapak itu bercerita tentang Pancasila,Garuda,tentang kalimantan,papua,jawa,sumatra,ambon,sulawesi aceh dan banyak lagi kemudian  Aku bertanya kepada bapak president lagi tentang dimana indonesia,,siapa yang melahirkan Pertiwi.?Bapak president tersipu, tapi kudengar istrinya menyahut,“Ia berbakti kepada negara, namun tak berdaya untuk bersikap..!!”
lalu saya merenung di depan sebuah kedai kopi di pertigaan kota dekat tempat perang antara Arjuna dan Patigeni,dan berfikir lebih jernih lagi tentang keberadaan indonesia.. " mungkinkah indonesia hanyalah dongeng atau legenda yang hanya ada di buku-buku..? jadi dongeng dan mitos sekaligus ?? "
jadi tolong jelaskan kepada saya, dimanakah letak indonesia..??

#Lalat-lalat berdansa cha..cha..cha.. tangis anak dibawah cahaya keringkan air mata dirinya.. obrolan kami di ruang tentram tentang mereka yang terancam,, adakah peduli di tanah ini tentang mereka yg teraniaya.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar