Rabu, 17 Januari 2018

Musim Jamur ( Jamur Trucu, Jamur Barat , Jamur Bulan ) #Mandiri pangan

Jamur barat
Banyak beranggapan salah jika ini adalah jamur barat karena tumbuh dipermukaan tanah bukan dibatang kayu lapuk atau batang tumbuhan lain yang membusuk yang ternyata jamur ini bukan lah tumbuh pada batang yang lapuk melainkan sarangan rayap.Diketahui bahwa rayap memiliki jenis yang berbeda-beda, tapi khusus rayap tanah, mereka membuat rumah mereka dari akar pohon yang sudah tumbang akibat rayap itu sendiri, mereka menggrogoti bagian akar dari pohon itu sehingga menyebabkan akar dari pohon itu berongga, sampai pohon tersebut tumbang sendiri akibat angin yang menerpanya.Jamur ini tumbuh dari hasil kerja keras rayap yang membuat sarang pada akar pohon tersebut, hanya saja perlu kondisi khusus juga untuk jamur ini tumbuh kepermukaan. Jamur ini memerlukan hujan, kenapa ? karena selain suhu dan kelembaban tanah yang menentukan hasil dari jamur ini, jamur ini perlu juga media tumbuh yang lunak agar dapat menembus dari tanah yang keras.
Jamur Trucuk
  • memiliki tudung bagian atas berwarna hitam kecoklatan.
  • Tudung bagian bawah berwarna putih.
  • Gagang jamur juga berwarna putih.
  • ukurannya kecil dibandingkan dengan jamur bulan.
  • Tumbuhnya tidak pernah sendiri, selalu ada kawanannya disekitar tempat menemukannya.
  • Jamur ini biasanya ditumis dengan dicampur pakis sungai.

  • 1. Melimpah Kandungan Protein
Kadar protein pada jamur trucuk sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Dengan memakan jamur ini, anda bakal memiliki otot yang terbentuk sempurna dan besar. Dan anda akan benar-benar memiliki penampilan yang macho. Tidak lagi seperti kekurangan gizi.
2. Mengandung Lemak Tak Jenuh
Lemak tak jenuh pada sayuran jamur trucuk atau yang biasa disebut sebagai lemak HDL berperan penting dalam metabolisme darah. Dengan lemak baik ini, darah akan mengalir dengan lancar di pembuluh darah. Terutama pada pembuluh arteri nadi, akan bebas dari resiko timbunan lemak jahat.
3. Memiliki Kadar Zat Besi
Kadar zat besi pada manfaat jamur trucuk benar-benar baik sekali untuk tubuh anda. Karena anda akan terhindar dari penyakit anemia. Meski tidak tergolong penyakit yang dianggap bahaya oleh masyarakat, namun anemia sesungguhnya benar-benar bisa membuat tubuh anda jadi lemas sepanjang hari. Maka ini benar-benar tak baik. 
4. Dapat Membangkitkan Nafsu Makan
Nafsu makan anda juga akan baik dengan mengonsumsi jamur trucuk. Maka dari itu, anda membutuhkan asupan jamur yang bisa bertindak bagaikan curcuma penambah nafsu makan ini. Dengan memakan ini, anda benar-benar bakal lahap makan.
5. Mencegah Kerusakan Sel Syaraf
Kerusakan sel syaraf bisa terjadi karena trauma fisik seperti terbentur. Atau karena sebab kimiawi biologis, misalnya karena virus, bakteri, atau kekurangan zat tertentu. Maka dari itu, untuk bisa menyembuhkan kerusakan sel syaraf anda. Maka anda membutuhkan manfaat jamur trucuk ini.
6. Mengatasi Nyeri Maag Kronis
Nyeri maag kronis bisa disembuhkan dengan memakan sayuran jamur trucuk ini. Dengan konsumsi jamur ini, maka produksi asam lambung anda akan berkurang. Dan anda pun tak perlu lagi merasa terlalu lelah hadapi sakit perut yang tak kunjung sembuh. Belum lagi mualnya yang selalu menyiksa. 
7. Mencegah Penyakit Jantung Koroner
Manfaat jamur trucuk juga bisa mencegah jantung koroner. Dengan memakan jamur ini, jantung anda akan tumbuh kuat memompa darah. Dan fungsinya akan selalu normal, meskipun anda sudah bertambah usia. 
8. Mengatasi Radang Kulit
Manfaat jamur trucuk bisa mengatasi radang kulit.
9. Mencegah Kanker
Khasiat jamur trucuk ternyata bisa mencegah kanker. Segala macam jenis kanker akan dicegah dengan jamur liar ini. 
10. Menajamkan Penglihatan
Kandungan beta karoten di dalam jamur trucuk baik sekali untuk menajamkan penglihatan anda.





  • Cara membedakan jamur beracun dengan yang layak konsumsi.
    • Caranya sangat mudah yaitu dengan melihat bagian bawah tudung. Untuk yang berwarna coklat atau hitam berati beracun. Jamur layak konsumsi bagian bawah tudung berwarna putih.
    • Tudung bagian atas tidak dapat di jadikan patokan. Tudung bagian atas ada sebagian jamur beracun mirip sekali dengan jamur trucuk.
    • Jamur layak konsumsi Batang jamur jika di pegang lebih keras dan berisi. sedangkan jamur beracun begian tengahnya berlubang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar